mychoice

my choise make me life

Eksplorasi Nikel (2)

Akhirnya tengah malam seperti ini punya kesempatan menulis, he…he mirip kerjaan di tv aja ‘berburu hantu’ pake acara tengah malam segala.

But Okey, to the point saja.

Dalam dunia eksplorasi hal yang paling umum dilakukan pertama kali adalah ‘desk study’ bukan belajar tentang meja lho, tapi hal ini lebih mengkususkan ‘mencerna’ informasi di atas meja, ya semacam studi pendahuluan, studi pustaka atau studi penelitian terdahulu. Tapi kan ga harus diajas meja ? bisa dimana sajakan, trus namanya ko desk study ?. Yah, mana saya tahu, itu semacam istilah, yang penting kita bisa ngertilah bahwa hal ini masih jauh dari kunjungan ke lapangan alias site visit,  mengumpulkan informasi sebanyak mungkin adalah hal pokok di dalam bagian ini.

Informasi yang dikumpulkan ada banyak, bisa berupa keadaan geologi regional yang diperoleh dari lembar peta geologi regional (bisa dibeli di PPGL Bandung, atau bisa kontak saya juga he…he, gratis kok). Data yang bisa dikumpulkan juga adalah keadaan topografi dan morphologi, keadaan rupa bumi, dan juga laporan-laporan penelitian terdahulu.

sebenarnya hal ini tergantung kondisi dan situasi, dan juga detailnya tergantung pada orang yang melakukan ‘desk study‘ namun point-pointnya secara umum tidaklah jauh berbeda.

Dalam eksplorasi nikel, hal yang paling penting diketahui adalah formasi geologi pembawa nikel, karena nikel tidak ada pada semua batuan atau lapisan tanah.

Mungkin sebaiknya contoh kasus saja  ya :

Misalkan sebuah perusahaan katakanlah namanya PT.ABCDEFG sampai Z (namanya ko aneh ya ? Kata William Shakespeare “apalah arti sebuah nama” ), mengurus sebuah ijin eksplorasi nikel di suatu daerah di Sulawesi. Katakanlah berdasarkan ijin bupati, diperoleh koordinat lokasi di dalam IUP Eksplorasi yang dikeluarkan oleh bupati setempat. Biasanya dalam beberapa titik kooordinat, minimal 4 buah titik.

Hal yang kemudian kita lakukan adalah ‘memplot’ titik terbut pada peta dasar, biasanya digunakan peta rupa bumi, peta topografi atau peta geologi.

Lho itu lokasinya dimana ya ? ga ada peta indeksnya ya ?

Ada ! Lokasinya di Pulau Celebes, tempat  di pulau pahlawan Sultan Hasanuddin.

lokasinya seperti gambar diatas, jadi kkita dapat gambaran dimana kira-kira lokai tersebut berada.

Hal kemudian yang harus dilakukan adalah, ploting pada peta geologi untuk mendapatkan informasi formasi penyusun daerah tersebut, dan hal ini menjadi sangat penting untuk tahap eksplorasi selanjutnya.

Dari peta geologi kita dapat informasi bahwa, lokasi IUP PT ABCDEFGH Sampai Z berada pada Formasi Cd, untuk keterangan ini bisa dicari dari simbol di Peta Geologi. Misalnya Informasi paada Peta Geologi menunjukkan bahwa Formasi Cd merupakan Kompleks Mafik dimana batuan penyusunnya adalah Harzburgit, lherzolit, wherlit, websternit, dunit dan serpentinit.

Eureka…

Dalam hal ini, diketahui bahwa lokasi tersebut berada pada Formasi pembawa Nikel.

Bersambung..!!!

(Diatas hanya contoh semata, apabila ada nama dan lokasi yang kebetulan sama, ya sekali lagi ini hanya contoh semata)

Februari 23, 2012 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: